Ada yang Baru di SeaWorld Ancol, “Live Feeding Shark”

Screen Shot 2019-10-07 at 09.31.05.jpeg

Mendengar SeaWorld, yang terlintas di sistem otak gue adalah karyawisata jaman gue TK!!! Rasanya begitu membekas hangat, ada 2 hal yang membuat SeaWorld begitu berkesan;

1. excitement (gue) seorang anak TK saat melihat ruangan yang dipenuhi aquarium besar dengan berbagai penampakan ikan dari yang kecil hingga besar.
Salah satu yang menarik perhatian gue saat itu adalah binatang laut mamalia, Duyung. Biasanya gue mendengar cerita tentang putri duyung dan cerita itu sukses membangun imajinasi gue tentang sosok duyung yang keren, hingga akhirnya imajinasi gue tentang duyung buyar dan gue tercengang begitu melihat sosok asli duyung yang yang kurang menarik.
2. Sepulang dari SeaWorld gue nangis karena tak kunjung di jemput (cengeng ;p)

Screen Shot 2019-10-07 at 09.31.17.jpeg

Setelah sekian tahun lamanya gue kembali menginjakkan kaki di SeaWorld. Tapi kali ini bukan untuk ber-karyawisata melainkan menghadiri Grand Launching yang diadakan SeaWorld Ancol. Grand Launching ini bertajuk tentang sebuah atraksi baru yang nantinya diharapkan bisa mengedukasi pengunjung dan dapat menarik perhatian wisatawan, yaitu “Face To Face, Live Feeding Shark”

Buat yang belum tau, SeaWorld mempunyai Aquarium khusus yang menampung hiu yang dinamakan Shark Aquarium. Beberapa jenis hiu yang berada di Shark Aquarium adalah, Hammerhead (hiu terganas urutan ke-6), Blacktip (hiu terganas urutan ke-26), Nurse (hiu terganas urutan ke-32), dan ada beberapa jenis lainnya.

Acara Grand Launching di buka dengan kata sambutan oleh Bapak Rika Sudranto selaku VP SeaWorld Ancol. Beliau menjelaskan populasi hiu yang mengkhawatirkan akibat perburuan untuk di konsumsi, kemudian penjelasan seberapa berbahaya nya hiu.
Pada dasarnya hiu tidak menyerang manusia, dan penyerangan itu jarang terjadi gaes. Biasanya penyerangan terjadi karena kesalahan identitas akibat air keruh atau karena bayangan pantulan papan selancar. Jadi kalo dilihat-lihat sebenarnya manusia lah yang berbahaya bukan hiu.

Screen Shot 2019-10-07 at 09.31.56.jpeg

Selanjutnya acara yang di tunggu-tunggu pun tiba yaitu “Face To Face, Live Feeding Shark”. Biasanya, di SeaWorld, pemberian makan hiu dilakukan dengan cara seseorang  masuk ke dalam kerangkeng lalu memberi makan hiu-hiu. Tapi kali ini, pemberian makan hiu berbeda karena akan ada orang yang terjun langsung ke dalam aquarium tanpa menggunakan kerangkeng. Ada 2 orang yang bertugas, seorang sebagai penyelam yang memberi makan predator laut dan seorang lainnya bertugas sebagai rescue untuk berjaga-jaga bila seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kedua orang tersebut menggunakan pakaian khusus berbahan stainless steel yang di rajut secara manual yang bernama Shark Suit dengan bobot 15kg. (wow berat banget)

Ada satu moment dimana para audience dibuat ketakutan ketika sang feeder “bergelut” saat memberi makan hiu berjenis hammerhead. Beberapa adegan menggemaskan pun terjadi saat feeder (beberapa kali) memeluk hiu pari barongsai.

Di akhir acara, 2 orang tersebut tampil di panggung untuk berbagi pengalaman saat berada di dalam aquarium. Ternyata saat pertunjukkan seorang penyelam bercerita bahwa dia sempat di serang di bagian jari nya tapi berhubung menggunakan shark suit maka lukanya bisa di mimalisir, dan terlihat ruam alias memar.

Screen Shot 2019-10-07 at 09.32.05.jpeg

FYI, pertunjukkan ini di klaim sebagai yang pertama di Indonesia loh.
Baju Shark Suit tersebut pun khusus di datangkan langsung untuk Indonesia.
Penggunaan Sharksuit umumnya dilakukan oleh penelitian untuk meneliti hiu.
Keren kan???

Buat kalian yang ingin menyaksikan secara langsung bagaimana para feeder memberi makan hiu secara live buruan datang ke SeaWorld Ancol. Untuk pertunjukkan Live Feeding Shark bisa kalian saksikan setiap hari pukul 14.30 langsung hanya di SeaWorld Ancol.

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Hindari penggunaan flash kepada hiu, karena bisa mengganggu dan membahayakan feeder.

– Datang lebih awal untuk melihat berbagai pertunjukkan yang lainnya

 

Budget Per Juni 2019 :

– Tiket masuk SeaWorld weekdays (senin-jumat) Rp 80.000,-

– Tiket masuk SeaWorld weekend (sabtu-minggu) Rp 100.000,-

 

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s