TeamLab Future Park

IMG_9844.jpeg

Ceritanya tulisan ini mau gue dedikasikan buat kalian penikmat dunia seni, digital, atau yang suka hunting tempat instagrammable. Apa tuh??? Akhirnya di Jakarta hadir yang namanya TEAMLAB.

Siapa yang enggak tau TeamLab?
Kalian yang mau ke Tokyo – Jepang mungkin sudah memasukan TeamLab ke dalam daftar tempat wajib yang harus di kunjungi atau bisa jadi kalian salah satu orang yang sudah mengunjungi tempat ini.


Jujur gue sih enggak tau ;p
(apakah ada yang senasib?)
Intinya TeamLab itu sekelompok seni ternama asal Jepang. Mereka menuangkan seni ke dalam teknologi (digital) untuk berkarya dan hasil karya mereka sangat outstanding jadi enggak heran kalo hasil seni mereka tersebar di beberapa negara dannnn salah satu nya ada di Indonesia dengan tema “TeamLab Future Park”.

Ayo apa yang kalian bayangkan saat membaca Future Park? Kira-kira seperti apa ya “taman masa depan” itu? Cusss ikutin perjalanan gue ya ^^

IMG_0364.jpeg

Berlokasi di lantai 2, Mall Gandaria City, TeamLab secara resmi membuka TeamLab Future Park dari tanggal 20 Juni 2019 – 20 Desember 2019 (inget ya cuma 6 bulan).

Setelah sempat salah lokasi akhirnya gue dan teman-teman tiba di TKP, sebuah ruangan gelap dengan plang bertuliskan TeamLab Future Park langsung menyambut ditemani beberapa petugas ticketing. Berhubung gue beli tiket secara online, jadi pas di lokasi tinggal scan barcode dari email.

Teamlab Future Park mempunyai 5 instalasi seni-teknologi yang sebagian besar menggunakan proyektor sebagai medianya dan menariknya adalah meskipun sebagian besar hanya visual tetapi kita bisa berinteraksi dan di libatkan secara langsung.

IMG_0365.jpeg

Setelah lolos sensor ticketing, gue menelusuri lorong dan menemukan sebuah papan tulisan, dan ini dia instalasi pertama Animals of Flowers, Symbiotic Lives.

Mata gue terpaku di lorong gelap dengan cahaya animasi berbagai jenis binatang (flamingo, kangguru, jerapah, dll) yang ditumbuhi berbagai jenis bunga sedang berjalan di sepanjang tembok. Kebetulan saat itu ada harimau yang lewat dan gue coba menyentuh, eh, tiba-tiba bunga-bunga tersebut menyebar dan lepas dari badan harimau dan membuat lorong semakin terang karena bunga yang bertebaran, yang bikin gue shock adalah sesaat setelahnya harimau tersebut menoleh ke gue seakan mereka sadar karena kehadiran gue. (btw, ini berlaku untuk semua binatang yang disentuh ya)

IMG_9775IMG_9797

Selesai menelusuri lorong, pengunjung akan dibawa ke instalasi ke-2 Graffiti Nature : Lost, Immersed, and Reborn.

Berbeda dari sebelumnya, Instalasi ke-2 terlihat colorful dan cheerful. Disini gue melihat banyak bunga dan binatang yang bergerak kesana kemari merayap di lantai dan dinding (inget yah ini visual bukan beneran).

Ketika gue berdiri-diam (bukan berdiam-diri ;p) tanpa gue sadari bunga-bunga bermekaran, begitu gue jalan bunga-bunga mulai bertebaran, uniknya setiap bunga yang mekar maka kupu-kupu akan bertambah.

Instalasi ke-2 semacam ekosistem sebenarnya. Semua binatang saling memakan dan dimakan.
Loh, kalo binatangnya habis bagaimana? Menariknya semua binatang ini enggak akan habis meskipun dimakan.
Kenapa?? karena binatang-binatang yang ada di galeri adalah hasil karya pengunjung.

Jadi ada satu ruangan dimana pengunjung bisa ikut berperan aktif sebagai “seniman”. Di dalamnya terdapat berbagai kertas berpola yang siap diwarnai. Saat itu gue memilih burung sedangkan teman-teman gue ada yang memilih kodok, kupu-kupu, dan bunga. Kalo di ingat-ingat jadi bernostalgia jaman TK saat harus mewarnai dan baru gue sadari ternyata skill mewarnai gue jelek HAHAHA. Selesai mewarnai, gambar kami di scan lalu muncul di ruang instalasi. KEREN BUANGET SUMPAHH, TERPUKAU….

IMG_9852IMG_9822

Dari instalasi ke-2 terdapat 3 lorong yang masing-masing menuju instalasi. Terserah kalian pilih yang mana tetapi lorong yang tengah biasanya untuk instalasi terakhir dengan akses pintu keluar.

Saat itu gue memilih masuk ke Light Ball Orchestra sebagai instalasi ke-3.
Di depan instalasi terdapat rak panjang yang menandakan gue harus melepas sepatu. Selesai melepas sepatu tiba-tiba ada seorang petugas yang menyapa teman gue
“Kak, kalo enggak pake kaos kaki cuma boleh 5 menit ya”
Spontan kami terkejut, alhasil saat itu teman gue buru-buru masuk.

Ruangan ini cukup ramai karena suara musik (secara namanya ada embel-embel orchestra). Bola-bola besar seukuran bosu mendominasi instalasi ini; ada yang di lantai dan juga di langit-langit. Begitu gue masuk ya ampun girang banget kayak masuk ke taman bermain dan berasa norak karena semua bola gue sentuh pasalnya bola-bola disini mempunyai warna yang dapat berubah dan mengeluarkan suara bila di sentuh dan di gelindingkan.

IMG_9892.jpeg

IMG_9911.jpeg

Lanjut instalasi ke-4 Sliding Through the Fruit Field.
Yoyoy Seperti namanya kita akan bersliding ria.
Sama seperti Light Ball Orchestra, disini pengunjung harus melepas alas dan menggunakan kaos kaki. Berhubung teman gue gak pake kaos kaki, jadinya hanya diijinkan sliding 2x.

Di area sliding ini pengunjung harus mengantre dengan max 5 orang dalam 1x antrian sliding. Lantas apa maksud dari fruit field ini ya?

Arena sliding terdapat berbagai pantulan dari proyektor, seperti; bola, benih, buah, dan  bunga. Saat pengunjung sliding dan mengenai bola maka bola tersebut akan terpantul. Ada 3 macam bola, yang berwarna biru melambangkan air, kuning hitam melambangkan lebah, dan hitam artinya sampah. Jadi benih tersebut akan bertumbuh dan berbuah seandainya pengunjung memantulkan bola biru dan kuning ke benih saat sliding, sedangkan  buah tersebut akan hilang bila terkena bola hitam.

Sebenarnya gue baru tau makna ini setelah selesai bermain, soalnya pas awal gue datang ya macem anak kecil yang jingkrak kegirangan melihat seluncuran. Alesan lainnya adalah karena waktunya tinggal beberapa menit jadi harus buru-buru apalagi masih ada instalasi terakhir.

IMG_9917.jpeg

Sekarang instalasi terakhir (ke-5) Sketch Aquarium.
Sesaat masuk instalasi ini, berasa kayak berada di seaworld. Warna dominan biru dengan efek cahaya pantulan matahari menyelimuti ruangan. Seperti namanya, ini semacam aquarium besar tapi visual. Di sepanjang dinding yang luas terlihat berbagai sketch binatang (cumi, penyu, kuda laut,dll).

Seperti instalasi ke-2, pengunjung dilibatkan dalam mewarnai.
Berhubung gue udah kehabisan waktu dan instalasi ini uda mau di tutup jadi kami enggak bisa mewarnai. Tapi, Setelah meminta ijin untuk menginggalkan jejak di aquarium, akhirnya gue mewarnai asal. Alhasil saat itu gue hanya mewarnai garis pinggir dan memberi nama instagram (hitung-hitung branding) HEHE.

Setelah scan, penyu gue muncul di aquarium yang berarti (mission completed) gue berhasil meninggalkan jejak di detik-detik terakhir ;p.
Kalo di perhatikan, di aquarium ada sebuah kantong dan kalo di pegang maka akan keluar makanan untuk para binatang tersebut, interaktif banget!!!

IMG_9934.jpeg

IMG_9936.jpeg

Gimana??? Menarik kan? Yuk dateng dan rasain sendiri serunya TeamLab Future Park.
Inget loh cuma sampai 20 Desember 2019.
Kapan lagi kita bisa berinteraksi langsung dengan seni, bahkan seni kita di perhitungkan  di galeri TeamLab loh meskipun cuma mewarnai ;p

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Kalo bisa beli tiket online aja menghindari antrian dan antisipasi kalau tiket habis.

– Pengunjung hanya di beri waktu 90 menit untuk 5 instalasi dengan jadwal sbb:
10.00 – 11.30 – 13.00 – 14.30 – 16.00 – 17.30 – 19.00 – 20.30
Sebisa mungkin datang lebih awal ya, soalnya buat gue 90 menit kurang ;p
Intinya kalian harus bagi waktu sebaik mungkin!!!

– Pake kaos kaki, karena pihak TeamLab enggak menyediakan kaos kaki.

– Jangan membawa makanan, minuman, tongsis, monopod, dan tripod

 

Budget Per Juni 2019 :

– Weekdays : 150.000/Org

– Weekend  : 175.000/Org

Promo BCA

– Weekdays : 135.000/Org

– Weekend  : 150.000/Org

Harga ada tambahan tax dan biaya ya gaes ^^

 

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

2 thoughts on “TeamLab Future Park

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s