Penginapan di Sumba

Screen Shot 2019-07-06 at 15.01.30.png

Tiba juga di bagian akhir (ketiga) edisi Sumba. Kali ini saya akan membagikan informasi tentang hotel atau penginapan di Sumba.

—Edisi pertama dan kedua bisa kalian klik di Mau ke Sumba? Ini Yang Perlu Kalian Ketahui Terlebih Dahulu!!! dan Destinasi Wisata Sumba.—

Sebelum kalian salah paham, review kali ini murni berdasarkan pengalaman selama menginap di hotel tersebut. Saya akan membaginya per wilayah ya gaes…

– SUMBA BARAT DAYA

1. Sinar Tambolaka

20180616_192238.jpeg

Hotel 2 lantai ini sudah cukup lama berdiri, jadi bangunannya terlihat agak “lama” tetapi terasa homey bila dilihat dari luar. Yang menarik adalah dengan harga yang relatif murah, kalian akan mendapatkan kamar yang cukup besar dan kamar mandi bathtub (kalau beruntung) ditambah sarapan pagi.

Untuk masalah perut, kalian enggak perlu khawatir! Karena bagi saya restoran Sinar Tambolaka merupakan yang terbaik, selain enak harganya pun sangat bersahabat. Bahkan kalian bisa memesan nasi box untuk bekal perjalanan saat explore Sumba. Jadi enggak heran kalo Sinar Tambolaka menjadi pilihan banyak orang apalagi para backpacker.

2. Ella Hotel

IMG_0006.jpeg

IMG_9915.jpeg

Di antara semua penginapan, Ella Hotel merupakan hotel paling baru di Sumba. Lokasinya bersebelahan dengan Sinar Tambolaka. Ella hotel mempunyai beberapa kategori kamar tidur, yang membedakan hanya di fasilitasnya saja. Diantara berbagai macam hotel low budget di Sumba Barat Daya, saya lebih suka menginap di Ella Hotel karena design hotel modern dan elegan, meskipun ukuran kamarnya enggak sebesar rivalnya.

Yang sangat disayangkan adalah restorannya, entah karena masih baru atau ada faktor internal yang pasti saat itu saya enggak bisa memesan nasi box untuk perjalanan siang bahkan saat mau makan malampun saya terpaksa makan di restoran rivalnya.

Tapi enggak tau kalo sekarang, mungkin sekarang udah bisa pesan sih #CMIIW

3. Mario Hotel

IMG_3655.jpeg

Di bagian pertama pembahasan Sumba, saya sempat menyinggung Nihiwatu, resort terbaik di dunia tahun 2016.

Pengen ngerasain penginapan keren di Sumba tapi budget pas-pasan? Mungkin Mario Hotel menjadi salah satu opsi yang bisa kalian ambil. Lokasinya berada di bagian utara Sumba Barat Daya. Meskipun sedikit jauh dari pusat kota, tapi menurut saya itu kendala minor yang enggak usah kalian pusingin karena Mario Hotel memiliki beberapa fasilitas seperti akses pantai pribadi dengan beberapa gazebo, net untuk bermain voli, dan private pool dengan dudukan di kolam sehingga para tamu bisa santai dan tiduran di dalam kolam bahkan hingga kulit kalian keriput macem eldest people. HAHAHA.

Mario Hotel mempunyai 10 kamar, jadi usahakan jangan pesan dadakan. Mario Hotel menyediakan restoran yang standby hingga malam tetapi agak sedikit pricey di bandingkan restoran di hotel lain.

– SUMBA TIMUR

4. Padadita Beach Hotel

IMG_3213.jpeg

IMG_3020.jpeg

Di Sumba Timur, Padadita Beach Hotel merupakan salah satu hotel yang paling diminati wisatawan. Padadita Beach Hotel merupakan satu-satunya hotel tertinggi di Sumba dengan bangunan yang menyerupai layaknya sebuah hotel dengan design modern seperti di kota-kota besar di tambah ada bonus pemandangan laut dan yang pasti harganya terjangkau.

Sayangnya pemandangan laut disini tidak seperti mario hotel. Kalo view laut di padadita cenderung terlihat hamparan pantai dengan air laut yang surut hingga ratusan meter kedepan saat pagi hari .

Sedangkan untuk urusan perut, Padadita menyediakan berbagai varian menu yang beragam dan enak dengan harga terjangkau pula.

5. Morinda Villa and Resto

4F9FCDAE-8DAE-4E42-BA8E-67DEE78355F6

3B619BC8-C25A-4F3C-B908-39462216CA29

Saya pernah me-review Morinda Villa, info selengkapnya bisa cek di Morinda Villa and Resto. Tapi saya akan sedikit merangkum tempat ini.

Salah satu penginapan paling berkesan saya ketika di Sumba adalah, Morinda Villa and Resto karena berada di sebuah bukit yang indah dengan pemandangan lembah, aliran sungai yang besar dan padang savanna eksotis. Tempatnya sangat peaceful dan cocok buat kalian yang ingin bersantai dan melepas penat karena ditempat ini NO SIGNAL.
Kamar tidur dan toilet pun sangat luas dengan pemandangan lembah sedangkan makanan sangat di rekomendasi. Inget ya detil nya bisa kalian buka di link yang udah saya kasih.

Jadi hotel mana yang akan kalian pilih? Sebenarnya masih ada beberapa hotel di Sumba seperti model rumah warga atau guest house. Kalo saya sih kurang sreg tapi balik lagi karena itu kan cuma preference aja. Semoga daftar hotel atau penginapan di sumba ini bisa membantu ya.

 

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Enggak ada catatan penting di tulisan kali ini. Mungkin kalian ada yang bertanya kenapa begitu banyak hotel yang saya kunjungi? Jawabannya karena untuk menikmati Sumba yaitu explore dari barat ke timur jadi nya harus berpindah-pindah penginapan.

Budget Per Juni 2018 :

– Sinar Tambolaka : Rp 350.000/Night/room

– Ella Hotel : Rp 400.000/Night/Room (Deluxe)

– Mario Hotel : 750.000/Night/Room

– Padadita Beach Hotel : 465.000/Night/Room

– Morinda Villa and Resto : 650.000/Night/Room

 

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s