Ramang-Ramang

IMG20171224104829 2.jpg

Kalo kalian berpikir foto ini di Cina, kalian salah besar.
Kenyataannya kalian enggak perlu jauh-jauh ke Cina untuk bisa menikmati pemandangan se-indah ini karena tempat ini ada di Indonesia, namanya Ramang-Ramang di Sulawesi Selatan.

Ramang-ramang merupakan gugusan karst terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan Madagaskar.
Ramang-Ramang berasal dari bahasa Makassar, yang artinya awan atau kabut.
Jadi kalo menurut cerita penduduk setempat, setiap pagi dan saat hujan di Ramang-Ramang sering turun kabut.

Untuk menuju Ramang-Ramang kita harus berkendara +/- 1,5jam dari Makassar.
Cukup jauh tapi worth it. :p

IMG20171224120814 2.jpg

Setelah tiba dan kendaraan telah di parkir, kita akan menemukan sebuah pos dan dermaga.

Lho kok dermaga???
Yup, karena Ramang-Ramang dikelilingi sebuah sungai yang bernama Pute dan menurut saya ini menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati keindahan salah satu gugusan Karst terbesar di dunia yaitu dengan menyusuri sungai Pute.
Ada 2 dermaga di Ramang-Ramang jadi terserah kalian mau mulai dari mana, kalo saya si prefer dermaga 1.

IMG20171224094459.jpg

And the journey’s begin tepatnya Setelah saya menemukan tambatan hati (eh, maksudnya perahu) yang mau menerima saya apa adanya :p
Untuk menyusuri sungai pute kita harus menyewa perahu kecil yang ada di dermaga dan biasanya tanpa disediakan life jacket jadi bisa dibilang agak was-was apalagi kalo enggak bisa berenang macem saya.

Belum lagi kalau harus berpas-pasan dengan perahu dari arah sebaliknya, bikin perahu sedikit terombang-ambing tapi justru itu sensasinya dan gak usah takut karena si babang yang bawa perahu tau banget cara mengatasinya.

IMG20171224100810.jpg

IMG20171224100242.jpg

IMG20171224095425.jpg

Impress pertama saya saat mengelilingi Ramang-Ramang begitu excited dimulai ketika saya harus menaiki perahu kemudian berlayar mengelilingi sungai Pute dengan pemandangan gugusan gunung karst yang berdiri megah di depan mata dan bermacam tumbuhan di kiri dan kanan selama perjalanan.

Buat saya pribadi pengalaman begini tuh jarang di temui dan menjadi perjalanan “mahal” buat saya.

IMG20171224094753.jpg

Perjalanan mengelilingi Ramang-Ramang akan berujung di sebuah desa yang bernama kampung Berua dan kurang lebih sekitar 30 menit dari dermaga 1 ke desa Berua.

Untuk akses keluar masuk biasanya warga setempat harus menggunakan perahu sebagai transportasi mereka, yah bisa di bilang cukup unik dan mengingatkan saya seperti di sebuah tempat yaitu Giethoorn-Belanda

IMG20171224101954.jpg

IMG20171224102801.jpg

IMG20171224113033.jpg

Sebagai penutup di Ramang-Ramang ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Desa Berua, telaga bidadari, mata air, dan beberapa gua termasuk gua telapak tangan.

Cuma berhubung saat saya kesana sedang musim hujan jadinya saya enggak bisa masuk kedalam gua karena banjir dan sangat berlumpur. Alhasil cuma keliling desa aja. Tapi itu pun udah seru banget, terlihat adem dan suasananya mendamaikan jiwa 😝

IMG20171224104221_1.jpg

IMG20171224104624.jpg

IMG20171224104355 2.jpg

 

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Bawa topi atau payung.

– Kalo perlu pakai sunblock karena cukup terik.

– Bawa air minum.

– Jangan sungkan untuk ber-interkasi dengan penduduk lokal.

– Sebisa mungkin hindari kunjungan saat puncak musim hujan.

 

Budget Per  2017 :

Perahu boat :
– 1-4 Orang : Rp. 200.000/Boat

– 5-7 Orang : Rp. 250.000/Boat

– 8-10 Orang : Rp. 300.000/Boat

– Liputan dan Prewedding : Rp. 350.000/Boat

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s