Gua Haji Mangku

DSCN2296.jpg

Masih berada di satu wilayah dengan Maratua Paradise Resort (MPR) , ini dia Gua Haji Mangku atau Blue Cave.

Kalo dari MPR, kita harus menelusuri kampung payung-payung +/- 15 menit dengan motor, terus lanjut dengan berjalan kaki di pinggir pantai dan masuk ke dalam hutan. Soalnya posisi Gua Haji Mangku berada di dalam hutan, jadi jangan nekad pergi sendiri ya.

Selama perjalanan, pemandangan pesisir pantai dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi akan menemani kita, bahkan melewati landasan pesawat terbang yang sedang di bangun.

20150719_131911.jpg

20150719_132112.jpg

 

20150719_133216.jpg

20150719_134109.jpg

20150719_160308.jpg

Landasan Pesawat Maratua

Kenapa nama nya Gua Haji Mangku>>>???
Soalnya yang nemu-in Gua ini si Pak Haji Mangku sendiri.

Konon si ada cerita mistis nya, tapi lupakan saja ya… HEHEHE
Saya cukup excited begitu sampai, karena air nya jernih banget dan berwarna biru, bahkan cahaya matahari bisa masuk sampai menembus ke dalam air.

Oh ya, Penamaan Gua di Gua Haji Mangku cukup unik sebenarnya, karena begitu sampai, kita enggak akan melihat ada sebuah Gua, malahan terlihat seperti sebuah danau.

20150719_140558.jpg

Tampak Atas

Nah kebanyakan orang lompat dari sini, tapi karena cukup tinggi dan air sangat dalam (kata nya si 20-30 M), akhirnya kami ga berani lompat (padahal gak bisa berenang, tapi banyak alasan aja :p).
Tapi bukan berarti kami gak bisa main air disana. Soalnya ada jalan lain untuk bisa sampai di TKP.

Dengan menambah sedikit perjuangan kami harus turun ke sebuah track yang sedikit curam. Tapi karena ada jalur ini, jadi nya saya tau kenapa dinamakan Gua. Karena untuk masuk ke air tersebut kita harus masuk ke sebuah mulut gua, dan kalo berenang bisa tembus ke tempat yang biasa nya di pakai orang untuk lompat dari atas.

Dan untuk “bersatu” dengan air pun ternyata tetap harus lompat, meskipun enggak setinggi dari atas.

DSCN2240.jpg

DSCN2265.jpg

DSCN2319.jpg

DSCN2346.jpg

BTW hati-hati ya saat lompat, soalnya batu di gua ini cukup tajam. Jadi kalo mau lompat ngeker dulu ke arah mana dan kalo udah nyemplung si sensasi nya mantap, soalnya air nya dingin.

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Untuk penyewaan motor tanya ke pihak MPR, begitu juga untuk nego harga
Biasa nya penyewaan motor nya itu lepas kunci, dan ada 1 guide yang anter sampe TKP.

– Jangan lupa bawa life jacket kalo ga bisa berenang

Budget Per Juni 2015 :

– Sewa Motor : Rp. 50.000-100.000/Motor
– Guide : Rp 100.000

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

 

 

 

 

Leave a Reply

