Berenang Bareng Ubur-Ubur

20150718_084738.jpg

Ini dia gerbang menuju danau ubur-ubur, posisi danau nya ada di Pulau Kakaban yang berada di Kalimantan Timur. Di tempat ini kita bisa menemukan Surga nya Ubur-Ubur. ^^

NAH,
Semua orang tahu kalo ubur-ubur itu binatang berbahaya.
Bahkan dibalik “kelucuannya”, ubur-ubur bisa menyebabkan kematian. 

Kalo dari pengalaman saya dengan ubur-ubur si, saya pernah di sengat ubur-ubur saat snorkeling di Pulau Macan dan itu rasanya sakit banget, sampe badan saya merah memar.

Tapi ini enggak berlaku di Pulau Kakaban, karena ubur-ubur di Pulau Kakaban itu berbeda dengan yang lain. Bisa di bilang ubur-ubur disini tuh jinak banget.

20150718_085341.jpg

Untuk menuju tempat ini, kita harus menuju loket yang berada dekat dengan pintu gerbang Pulau Kakaban terlebih dahulu.
Setelah mengurus tiket, kita harus melewati jembatan kayu yang panjang dan dikelilingi pohon bakau, baru deh sampai di danau tersebut.

20150718_085549.jpg

DSCN1927.jpg

Ini dia danau yang berada di Pulau Kakaban, titik poin untuk “bertemu” dengan ubur-ubur.
Orang-orang biasa menyebut nya dengan danau purba.

Ubur-ubur di sini enggak berbahaya, karena proses evolusi yang cukup panjang.
Inti nya “mereka” terjebak di danau ini dan mulai beradaptasi dengan air laut yang lama-lama berubah menjadi payau, karena tercampur air hujan.

20150718_085855.jpg

DSCN1929.jpg

Di danau Kakaban terdapat 4 jenis ubur-ubur (Kalo gak salah ya) #CMIIW
Ada Ubur-ubur Bulan, Ubur-ubur Totol, Ubur-ubur Kotak, dan Ubur-ubur Terbalik.

Danau Kakaban sangat luas, dan jumlah ubur-ubur disini banyak banget, apalagi kalau kita menyelam kebawah.

DSCN2013.jpg

Kalo foto yang ini nama nya ubur-ubur bulan, ubur-ubur nya lebar banget dan berwarna transparan (Coba cari kalo kalo ketemu). Cukup susah buat ketemu ubur-ubur bulan ini karena warna nya yang transparan.
Yang pasti berenang disini harus ekstra hati-hati banget, takut kalo ubur-ubur nya robek.

DSCN1988.jpg  DSCN1934.jpg

Saat saya kesana di tahun 2015, ubur-ubur jinak ini cuma ada 2 di dunia, pertama Kakaban itu sendiri dan kedua di Palau (sebuah negara kepulauan yang kereeeeen banget. Pengen banget kesana, tapi sayang nya biaya hidup di sana sangat tinggi. Mahal banget pokoknya).

Tapi sekarang, ubur-ubur “bersahabat” ini sudah bisa di temukan di Sulawesi dan Papua juga.
DSCN2035.jpg

Jadi enggak usah takut sama ubur-ubur selama di Pulau Kakaban,
Intinya sejahat-jahatnya ubur-ubur, masih ada ubur-ubur yang baik hati kok HAHAHAHAH.

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Untuk menuju Kakaban ada 2 cara, yaitu terbang menuju Berau dan Tarakan.
Mau Berau/Tarakan yang pasti saat itu harus transit di Balikpapan terlebih dahulu.
Tapi sekarang ini sudah ada langsung penerbangan ke Tarakan. Sayang nya belum ada penerbangan langsung ke Berau

Karena saya enggak suka repot, jadi nya saya lewat Berau saat itu.
Jadi :
Jakarta (posisi saya) – Balikpapan – Berau (menggunakan pesawat)
Berau – Pelabuhan Tanjung Batu (menggunakan mobil +/- 3 jam)
Pelabuhan Tanjung Batu – Kakaban (menggunakan speed boat +/- 1 jam)

– Hal yang jangan dilakukan bila ingin berenang dengan ubur-ubur di Kakaban:

  • Jangan Menggunakan sunblock
  • Jangan menggunakan fin/kaki katak
  • Jangan langsung melompat dari jembatan, tapi turun perlahan dari tangga yang sudah disiapkan
  • Jangan mengangkat ubur-ubur keluar dari air
  • Jangan berenang terlalu ekstreme, cukup berenang dengan santai saja.

Karena bentuk ubur-ubur kenyal lembut, dan terlalu sensitif, jadi takut robek kulitnya.
Yah, hitung-hitung menjaga populasi ubur-ubur di Pulau Kakaban.
Soalnya beberapa ubur-ubur disini tuh tentakel nya lepas, bahkan ada yang mati.

Budget Per Juni 2015 :

– Tiket Masuk : Rp 20.000/Org

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s