Berkunjung ke Kota Udang

20160101_163000.jpg

Kota udang ??? Ini dia sebutan untuk Cirebon.
Disebut kota udang karena udang adalah salah satu hasil laut terbesar di Cirebon.
Soalnya posisi Cirebon itu ada nya di pesisir pantai, tepatnya di bagian utara Jawa Barat.

Cirebon menjadi salah satu jalur PANTURA (Pantai Utara), sekaligus menjadi perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Langsung aja kalo gitu…
Di hari pertama bulan Januari, tepatnya kami memulai perjalanan ke Cirebon itu di AWAL TAHUN BARU 2016. Sebenarnya saya ingin melakukan perjalanan solo travelling ke sebuah kota di Jawa Tengah, tapi karena suatu alesan akhirnya saya batal.

Tepat di Malam Akhir tahun 2015, saya baru memutuskan untuk memilih Kota Cirebon bersama dengan teman-teman. Lalu saya pun langsung membeli tiket kereta.

20160101_055025.jpg

Subuh hari, di Awal Tahun Baru 2016 kami langsung bertemu di Stasiun Gambir.
Perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon +/- 3 jam.

Bisa dibilang ini liburan dadakan si, tanpa tau apa yang harus kami lakukan di Cirebon. Tapi itu yang menjadi keseruan bagi saya sendiri, karena berkelana di kota orang.

Begitu tiba di Cirebon, kami baru mencari sebuah rental mobil. Untung nya meskipun Tahun Baru, tapi masih ada rental mobil yang kosong, dan kondisi saat itu tidak macet dan tidak ramai.

20160101_094813.jpg

Sambil menunggu mobil datang kami berjalan kaki menuju tempat makan khas Cirebon, yaitu empal gentong. Ternyata empal gentong itu semacam soto gitu. Rasa nya lumayan sih, cuma sepertinya bukan ide yang baik makan santan di pagi hari. hehehe

20160101_101818.jpg

Selagi kami makan, akhirnya mobil yang kami pesan pun sudah sampai.
Berhubung saya punya teman yang tinggal di Cirebon, akhirnya saya bertanya kepada dia tempat wisata di Cirebon. Kesimpulannya itu Cirebon mirip-mirip Jojga, soalnya disini tuh terdapat berbagai keraton, seperti di Jogja #CMIIW.

Kami pun langsung menuju Keraton Kesepuhan (Keraton termegah di Cirebon).

20160101_105529.jpg

Keraton Kesepuhan

Kalo foto disini berasa nya kayak di Bali… HEHEHE
Detil info bisa klik  Keraton Kesepuhan

Setelah puas di Keraton, kami langsung keluar dari Kota Cirebon, dan menuju Kuningan (bukan Kuningan di Jakarta lohh), Tujuannya itu ke Talaga Remis.

20160101_125345.jpg

Meskipun perjalanan lumayan jauh, tapi saya sangat menikmati. Soalnya kiri-kanan sawah dan gunung.

1451803526332.jpg

Ini Dia Talaga Remis

Talaga Remis itu merupakan wisata alam, dan air nya itu bersih banget. Detil info Talaga Remis bisa klik Mencari Kerang Kuning.

Setelah selesai, kami langsung pergi ke tujuan terakhir kami.

20160101_151506.jpg

Ini dia GOA SUNYARAGI.
Di antara semua perjalanan yang saya kunjungi, cuma ini yang berhasil membuat saya terkesan. Tempat ini bagus banget, dan mempunyai sejarah yang unik.
Lihat postingan Taman Sari Goa Sunyaragi.

Kini giliran kuliner, kurang afdol rasa nya kalo ga cobain kuliner dari Cirebon. Berhubung kami sudah lapar, akhirnya kami memutuskan untuk mencoba makanan yang bernama Nasi Jamblang Mang Dul.
Kata nya sih tempat makan ini langganan nya Bapak SBY loh.

1179-408.jpg

Nasi Jamblang Mang Dul *

Saya penasaran seperti apa Nasi Jamblang, dan ternyata Nasi Jamblang itu nasi yang di bungkus daun jati. Nasi nya sendiri sebenar nya berukuran kecil, seperti nasi kucing. Kemudian kita tinggal pilih lauk dan sayur yang kita mau.

jamblang-nasi.jpg

Nasi Jamblang *

IMG_8237.JPG

Sayur dan Lauk *

Sebenar nya mirip-mirip warteg (warung tegal), cuma beda cara penyajian nya saja.
Yang the best nya itu sambal nya. Kalian harus cobain deh kalo kesini… Yummyyy

Tapi pas saya datang sayur dan lauk nya sudah banyak yang habis. Jadi kami hanya makan sedikit.

Karena masih lapar, kemudian kami mencari makanan lain, yaitu Bubur khas Cirebon.
Dan bubur Cirebon emank mantap… (Mungkin karena saya penggemar bubur Cirebon soalnya :p)

20160101_163928.jpg

Perjalanan selesai dan kami kembali menuju Stasiun Cirebon.

20160101_171307.jpg

20160101_181847.jpg

20160101_211641.jpg

*) Hasil googling, soalnya gak kepikiran untuk foto di Nasi Jamblang Mang Dul. Saat datang banyak yang sudah habis, jadi keburu enggak nafsu untuk foto. :p

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Untuk yang berada di Jakarta, bisa memilih rute kereta jurusan Gambir – Cirebon (Kereta Eksekutif). Usahakan datang lebih awal ya biar enggak ketinggalan kereta

– Takut belang??? Bawa topi/payung. Kalo manja pake sunblock aja hehehehhe

– Nama nya juga trip seharian. Jadi kalo merasa lepek ya bawa tissue basah aja.


Budget Per Januari 2016 :

– Sewa Mobil : Rp 450.000/Mobil

– Bensin : Rp 130.000

– Empal Gentong : Rp 74.000/4 Org

– Keraton Kesepuhan : Rp 20.000/Org

– Talaga Remis : Rp 11.000/Org

– Goa Sunyaragi : Rp 10.000/Org

– Nasi Jomblang : Rp 50.000/4 Org

– Bubur : Rp 27.000/4 Org

– Tip Sopir : Rp 50.000

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

Advertisements

3 thoughts on “Berkunjung ke Kota Udang

  1. Pingback: Keraton Kesepuhan | Go Blog

  2. Pingback: Taman Sari Goa Sunyaragi | Go Blog

  3. Pingback: Mencari Kerang Kuning | Go Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s