Taman Sari Goa Sunyaragi

20160101_150306.jpg

Mendengar kata goa, pasti yang terlintas adalah fenomena alam dengan sebuah lubang besar yang mempunyai kedalaman yang panjang, gelap, dan banyak kelelawar.

Namun itu enggak berlaku di Goa Sunyaragi, yang berada di kota Cirebon.
Goa ini dibangun oleh Pangeran Kararangen. Info yang saya dapat sebenar nya ada 2 versi.

  1. Versi Carub Kanda
  2. Versi Caruban Nagari (Pangeran Kararangen)

Tapi biasa nya yang di pakai oleh pemandu adalah versi yang ke-2.
Nah ternyata Goa Sunyaragi merupakan bagian dari Keraton Kesepuhan nih.

20160101_150121.jpg

Pintu Menuju Goa Sunyaragi

Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga. Maka nya tempat ini digunakan untuk bermeditasi dan beristirahat oleh keluarga Sultan Cirebon jaman dulu.

Bangunan Goa Sunyaragi itu sebenarnya sebuah taman air, maka dari itu nama nya adalah Taman Sari Goa sunyaragi/Taman Air Goa Sunyaragi.

20160101_150954.jpg

Pada zaman dulu kompleks gua tersebut dikelilingi oleh danau yang bernama Danau Jati. Tapi sayang nya danau tersebut udah kering dan sekarang menjadi sebuah jalan.

20160101_151341.jpg

Bangunan Goa Sunyaragi terdapat banyak pintu/lubang, yang digunakan sebagai penghubung saluran air dan penghubung bawah tanah. Jadi kalo kita masuk ke dalam, nanti nya kita bisa keluar di lubang yang lain nya.

1451803633015.jpg

20160101_152019.jpg

Tapi di Goa Sunyaragi terdapat mitos yang unik.

Di Gua Peteng, salah satu bagian Gua Sunyaragi, terdapat patung batu yang disebut Perawan Sunti. katanya sih kalo pegang batu ini maka akan sulit cari jodoh.

Sedangkan di Gua Kelanggengan, kalo kita masuk ke dalam gua kata nya akan enteng jodoh. Mungkin kalo ada yang tidak sengaja memegang batu Perawan Sunti bisa langsung masuk ke Gua Kelanggengan. HAHAHAHHA

20160101_152038.jpg

1451803589889.jpg

Di wilayah Goa Sunyaragi juga ada tempat untuk pagelaran teater seni dan budaya loh, ada panggung juga. Konsep teater outdoor gitu.

Overall sih saya suka banget dengan tempat sejarah yang 1 ini. ^^

20160101_152358.jpg

Cuma punya waktu 1 hari untuk liburan???
Bisa kok… Yuk ke Cirebon, info bisa klik Berkunjung ke Kota Udang

Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Goa Sunyaragi merupakan Cagar Budaya, jadi kita harus melestarikan nya ya !!! Jangan merusak.

– Kalo butuh pemandu, coba langung ngomong ke bagian loket nya aja. Seru juga kalo dengerin sejarah dan asal-usul Goa Sunyaragi.


Budget Per Januari 2016 :

– Tiket masuk : Rp 10.000/Org

TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

Advertisements

One thought on “Taman Sari Goa Sunyaragi

  1. Pingback: Berkunjung ke Kota Udang | Go Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s