Hai Komodo

DSCN0534.JPG

Siapa yang gak tahu hewan predator yang satu ini ??

Komodo merupakan salah satu jenis hewan purba (temannya Dinosaurus :p) yang masih bertahan hidup sampai sekarang.
Habitat asli nya berada di Indonesia, tepatnya di Kepulauan Komodo – NTT.

PROUD OF YOU, INDONESIA.

Gak pernah terlintas dalam pikiran saya untuk mengunjungi tempat yang pernah menjadi kandidat 7 WONDERS ini.

Nah ini dia awal pertama saya menginjakkan kaki di NTT. (YEAHHH!!!)
Untuk mengunjungi binatang satu ini kita harus menuju kota Labuan Bajo (Flores – NTT). kita bisa menggunakan transportasi udara dan laut tergantung dari mana datang nya.

IMG_20140729_113254.jpg

Pesawat Jenis ATR

Saat itu saya menggunakan pesawat Wings Air untuk menuju Labuan Bajo.

Biasanya penerbangan menuju Labuan Bajo dari kota-kota besar harus transit dulu di Bali, baru di lanjutkan menggunakan pesawat kecil jenis Bombardir atau ATR, dikarenakan landasan “parkir” nya yang kecil. Tapi sekitar akhir 2016 sudah mulai ada pesawat langsung dari Jakarta.

1406891605993.jpg

Labuan Bajo Airport

Suguhan yang indah saat pesawat berhasil landing di bandara Labuan Bajo. Hamparan gunung dengan pohon kering seperti padang savana membuat saya merasa bukan berada di Indonesia. Kami pun memutuskan untuk mengambil beberapa foto disana dan ber-narsis ria.

setelah puas akhirnya kami pun menuju mobil yang sudah siap untuk membawa kami menuju hotel. BTW ternyata di sini benar-benar PANAS. Jadi jangan lupa pake sunblock, dan topi buat kalian yang takut hitam.

DSCN0229.JPG

Teras Depan Kamar

TADAAA..  akhirnya kami pun tiba di GREEN HILL BOUTIQUE HOTEL.


Jangan mengira hotel disini seperti di kota-kota besar yang menjulang tinggi dan mempunyai lorong yang panjang. Hotel disini seperti rumah kontrakan berjejer. Tapi tempatnya sangat cozy alias nyaman. Setiap kamar di lengkapi AC, dan juga kamar mandi dalam lengkap dengan shower nya.

Saat malam kami pun beranjak keluar dari hotel untuk mencari makan.

Ohya sekedar info aja nih ya…. Hampir semua owner restoran di sini tuh adalah orang Italia loh.. berbeda dengan di Gili Trawangan yang kebanyakan orang Jerman.

Makanan nya pun ala Italia gitu deh, jadi harus mengeluarkan kocek yang lumayan juga. dan mayoritas pengunjung adalah orang bule semua. Setelah asyik makan, kami pun kembali ke hotel.

Disini tuh kalo udah malam ya gitu deh….. GELAP (semua orang juga tau keles, LOL) maksudnya gak ada kehidupan malam, jadi jalanan udah sepi.

DAY 1…

Yeah… ayam berkokok tanda sudah pagi…

Segera kami berbenah dan menuju restoran untuk sarapan. Saya pun menuju tempat paling strategis, yaitu tempat makan dengan view pelabuhan Labuan Bajo, dan dari sini saya dapat melihat pemandangan pelabuhan, pulau, dan bukit.DSCN0258.JPG

Dan kami langsung menuju pelabuhan untuk bertemu sang Kapten (baca: Pak Mat).

BTW di Kepulauan Komodo ini terdapat banyak banget tempat yang harus di datangi, seperti Pulau Komodo itu sendiri, Pulau Rinca, Pulau Kanawa, Pink Beach, Gili Laba, Pulau Padar, Pulau Kelor, dll.

Jadi kebanyakan orang akan memilih LOB (Live On Board) alias berlayar berhari-hari seperti nenek moyang kita dulu. Kalian gak usah takut mabuk laut, karena disini air lautnya sangat amat tenang. jadi ga akan bikin mual. Saat malam pun air sangat tenang, sehingga kapal tidak goyang.

Semua kapal di lengkapi dengan kamar untuk tidur, dapur, dan kamar mandi. jadi aman deh pokoknya, dan gak usah takut.

DSCN0401.JPG

Boat Yang Menemani Kami Selama 3 Hari

Sayangnya sang kapten tidak bisa ikut, karena istri nya baru saja melahirkan (Selamat ya pak!!!)

dan akhir nya di ganti oleh saudara nya dan seorang kenek yang membantu.
Kapal kami terdiri dari :
3 kamar tidur + 1 kamar mandi + 1 dapur + 1 tempat makan + ruang kemudi + tempat santai/teras di bagian depan.

Belum 5 menit kami berlayar dan semua kamera di keluarkan (HP, pocket camera, underwater camera) speechless…. pemandangan yang bersih dan eksotik..  GOKIL BANGET….

bener-bener keren, yang pasti nya membuat saya pengen kesana lagi..

yy.jpg

Langit dan Laut Yang Bersih di Pulau Kelor

Bener-bener membuat saya terkagum dan ter “nganga”… takjub abis.
disini semuanya bisa di dapetin, contohnya :

kalo lagi pengen main air, kita bisa nyemplung langsung ke laut.
kalo lagi pengen hiking, tinggal naik ke gunung.
kalo mau berjemur tinggal ke pantai aja.

amaze banget.. tapi sayang nya saya lebih banyak melihat turis daripada orang lokal sendiri.

Just wondering… okay forget it…

inti nya selama berlayar menjelajahi lautan, kita akan melihat hamparan bukit-bukit savana.

FYI, bukit savana tersebut hanya terjadi saat musim kemarau..
Saat musim penghujan semuanya akan menjadi hijau…
Keren banget kan !!!???!!?!! udah kayak bunglon aja :p

DSCN0287.JPG

Pemandangan yang akan menemani selama LOB

DSCN0400.JPG

KEREN KAN…..????

Oke lanjut….

Setelah kami menuju pulau Kelor, kami langsung menuju pulau rinca…
Di pulau ini terdapat komodo nya dan gak semua pulau ada komodo nya loh..

Oh ya!!! Untuk kalian para wanita pastikan “TAMU SPESIAL” tidak datang pada saat itu..

Karena Komodo sangat tajam penciumannya, bisa-bisa kalian disangka makanan lezat mereka.

DSCN0405.JPG

Dermaga Pulau Rinca A.K.A Loh Buaya

Here we come….
Begitu berlabuh, kami di penuhi dengan pikiran liar, karena disini habitat asli para Komodo dan “mereka” hidup liar, dan bebas disini.

Oke kami langsung bergegas turun dan memasuki pintu gerbang pertama.

Begitu masuk ke pintu gerbang pertama kami langsung memasang formasi untuk mengantisipasi adanya komodo datang dari berbagai arah.

Ternyata pikiran kami terlalu lebay. HAHAHA

di bagian depan ternyata tidak ada komodo nya. Kami cuma disuruh berjalan sesuai track yang ada untuk menuju loket pembayaran.

DSCN0408.jpg

Gerbang Ke-2

kami pun tiba di Loket pembayaran dan kami bertemu dengan UNCLE SAM.

Untuk bisa keliling di Pulau Rinca, kita harus ditemani para RANGER ( Go..Go.. Power Rangers ).

Setiap ranger memegang 1 tongkat seperti huruf Y untuk melindungi diri dan menjaga kami dari para komodo seandainya mereka mendekat.

Tapi sebelumnya kami harus memilih medan yang ingin di tempuh, dan akhirnya kami memilih MEDIUM Track.

DSCN0413.JPG

Pertualangan pun dimulai…

Baru saja berjalan dan kami sudah menemukan beberapa komodo berkeliaran di tempat tinggal para ranger ataupun dapur ranger.

Kalau sampai di kejar makhluk ini, caranya cuma 1 yaitu lari zig-zag kata para ranger disini. DSCN0430.JPG

Gak gampang untuk menemukan komodo loh. karena warna tanah dan padang savana yg mirip dengan kulit komodo membuat komodo seakan memiiki “kemampuan menyembunyikan diri” hehehe.

Kalau lagi kurang beruntung, bisa-bisa gak ketemu Komodo sama sekali loh…

Finally kami sampai di puncak medium track…

DSCN0449.JPG

Setelah puas kami pun turun dan kembali menuju boat.

Say goodbye to Rinca Island. T.T

Sesampainya di boat kami memilih untuk bersantai, kemudian take a shower :p

sambil kami santai dan mandi, boat yang kami tumpangi membawa kami ke tempat terakhir di hari pertama kami dan sekaligus sebagai tempat kami untuk tidur, yaitu Pulau Kalong.

Di pulau ini kita dapat melihat ratusan kalong yang keluar dari sarang untuk mencari makan di kala matahari terbenam.
Pemandangan yang indah saat matahari terbenam dan ratusan kalong keluar menutupi matahari tersebut.

but life is suck. hahahaha
Kami tidak beruntung untuk melihat pemandangan tersebut.. Hiks…

jadi kami memilih untuk menyantap makanan yang sudah di masak oleh koki sekaligus nahkoda kami.. Kesedihan kami terbayar karena makanan yang rasanya SUER enak banget. hahaha

DSCN0503.JPG

Sunset di Pulau Kalong

Bukan cuma kami yang tidak dapat melihat kalong keluar, ternyata boat yang lain juga.. hehehe

Pukul 07.00 PM di sini sudah sangat gelap, cuma ada lampu kapal yang menyala.

Tapi masih ada kejutan lain yang menghampiri kami.Bintang memenuhi langit yang menemani malam kami. Indah banget…

BTW, gak usah takut tidur di tengah laut ya, karena airnya sangat amat tenang, jadi gak goyang.

DAY 2…

Selamat Pagi dari Pulau Komodo ^^

Makan Pagi kami hari ini adalah pancake pisang dan telor dadar.

DSCN0507.JPG

Nyapa (Nyarap Pancake)

Perjalanan kami pun berlanjut.
Sementara kami makan, boat yang kami tumpangi pun berlayar.

FIRST DESTINATION IN SECOND DAY IS….. TAMAN NASIONAL KOMODO
Tempat habitat Komodo terbanyak di kepulauan Komodo.

Dermaga Pulau Komodo

DSCN0516.JPG

Setibanya disana, kami pun diharuskan untuk memilih rute perjalanan disana, dan kembali kami memilih medium track, tentunya di temani ranger setempat.

Setelah menyelesaikan medium track ini, Boat kami melanjutkan perjalanan menuju PANTAI PINK.

Untuk menuju pantai pink kami harus menyewa perahu kecil, dikarenakan boat tidak boleh berlabuh dekat pantai, soalnya banyak terumbu karang dan takut merusak biota laut tersebut.IMG-20160308-WA007.jpg

Yup, inilah tampilan dan suasana Pantai Pink dan konon kata nya makin kesini makin berkurang warna nya. sudah gak terlalu pink seperti dulu. mungkin karena terbawa ombak.

So buat kalian yang mau ngerasain pasir berwarna pink mendingan buruan datang.

DSCN0629.JPG

Di sepanjang pantai saya menemukan pecahan karang beragam ukuran ada yang besar, dan kecil. Karang tersebut berwarna merah dan sudah “mati”.

Nah pecahan koral tersebut ternyata sampai seukuran pasir dan tersebar sepanjang pantai dan membuat pantai tersebut berwarna pink.

DSCN0655.JPG

Setelah pantai pink kami jelajahi, kami pun lanjut menelusuri lautan untuk hunting Pari Manta. Setelah tiba di tempat tujuan kami melihat banyak wisatawan yang snorkeling dan diving.

Berhubung kami sudah terlalu cape bermain air saat di pantai pink, akhirnya kami cuma numpang lewat aja dan tidak menemukan ikan pari manta tersebut.

Akhirnya kami melaju menuju tempat yang sudah saya nanti-nantikan yaitu GILI LABA…..

Uuntuk mendapatkan sesuatu yang indah ternyata emank gak mudah, karena dibutuhkan sebuah perjuangan. Dan kami harus berhadapan dengan MEGATRON alias bukit savanna yang menjulang tinggi di depan kami :p

1406891563964.jpg

Perjalanan panas yang kami lalui dengan medan menanjak dan cukup curam semua nya terbayar sudah begitu kami berhasil naik ke atas.

DSCN0698.jpg

Keren pake Banget

Perjuangan yang terbayari sudah setelah melewati MEGATRON..
Siapa coba yang gak mau foto disini…..??? Keren banget deh. pemandangan disini.

di sepanjang pantai Gili Laba kami sering mendapatkan pemandangan ikan-ikan yang melompat dari laut.

Setelah puas diatas kami pun turun dan bersiap menuju tempat untuk beristirahat karena sudah mulai sore.

Akhirnya kami kembali berlayar mencari tempat untuk istirahat, akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat di Pulau Bidadari.

Malam itu pun menjadi malam terakhir kami disini dan hari terakhir di bulan Juli. Tepat Awal Agustus, teman saya (WANITA 1,1 NYA) berulang tahun.
Kapan lagi ulang tahun pas lagi liburan, diatas kapal pula…

Saya sudah menyiapkan kue dari Jakarta. dan hebatnya kue tersebut bertahan dengan baik dan tidak basi,,,

WOW EMAIZING…

Yup inilah kue nya.. hahahaha
Hanya sebatas kardus yang dilapisi kapas dan diberi “TOPPING” karet rambut dan lilin.

Karena di pulau ini kita gak akan bisa menemukan toko kue sama sekali…
“”YAAEEEAAALLAAHHH””

Di malam ini pun kami hampir membakar kapal yang kami pakai.

Lagi ngerayain ulang tahun EHHHH, kapas nya kena api dan membakar “kue” tersebut, kami panik kemudian melempar kue tersebut di dalam kamar. Tapi habis itu kami langsung buru-buru mengambilnya dan melempar ke laut.

FIUHH LEGA..DSCN0718.JPG

DAY 3…


HIKSSSS… sedih banget dan gak percaya kalo udah hari terakhir.
kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju dermaga..

PLEASE TAKE ME BACK SOON !!!


Note untuk yang mau melakukan perjalanan ke tempat ini :

– Saat memesan Kapal, pastikan kalian tanya secara detil Lokasi yang ingin di datangi, ketersediaan makanan dan stock minuman (jangan berharap ada yang menjual makanan dan minuman di Pulau Komodo). Kalau mau bawa aneka snack cemilan di persilahkan. dan jangan lupa bertanya untuk kesediaan peralatan untuk snorkeling

– Bawa mainan yang banyak, bisa card/board game.

– Isi gadget kalian dengan banyak lagu. Karena lagu tersebut akan membantu menemani anda selama perjalanan ini.

– Bawa sunblock yang pasti.

– Jaringan disana agak susah, pastikan anda memilih provider yang tepat.

– Bawa uang tunai untuk memasuki taman nasional dan biaya tak terduga

BUDGET Per Juli 2014 :

– Green Hill Boutique Hotel : Rp 450.000/Malam

– Kapal Boat : Rp 4.000.000/3Hari2Malam (dibagi rame2)

– Pintu masuk Pulau Rinca : Rp 20.000/Org

– Pemandu di Pulau Rinca : Rp 80.000/Ranger

– Karcis boat di Pulau Komodo : Rp 50.000/Boat

– Pengambilan gambar : Rp 5.000/Kamera

– Tiket masuk pengunjung : Rp 2.500/Org

– Pemandu di Pulau Komodo : Rp 80.000/Ranger

– Kapal kecil untuk menuju Pantai Pink : Rp 50.000/Kapal

Untuk penyewaan boat bisa hubungi Pak Mat : 0821-4570-4054


TAKE NOTHING BUT PICTURES
LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINTS
KILL NOTHING BUT TIME

ENJOY THE TRIP !!! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s